Belajar Bahasa Arab bukan sekedar belajar Bahasa Asing untuk alat komunikasi semata.Untuk sebagian kalangan umat Islam,belajar Bahasa Arab juga berarti belajar agama karena Islam disampaikan dengan bahasa Arab (QS. Yusuf:2). Bahkan ada yang menganggap bahasa Arab merupakan bagian dari agama Islam.
Pembelajaran Bahasa Arab dewasa ini masih menghadapi berbagai macam persoalan,baik dari sisi media, maupun metode pembelajarannya.Kendala tersebut dapat dilihat dari hasil atau nilai materi pelajaran yang telah diperoleh oleh para santri yang belum maksimal.Bahkan sebagian dari mereka belum mencapai tujuan yang diharapkan.
Kondisi tersebut tentu tidak dapat dibiarkan terus menerus,akan tetapi membutuhkan solusi yang baik,sehingga kompetensi Bahasa Arab yang dimiliki peserta didik menjadi baik dan dapat diandalkan.Sasaran pembelajaran yang ditekankan pada penguasaan kompetensi berbahasa Arab merupakan salah satu point penting dalam melakukan perbaikan pembelajaran bahasa asing.
Usaha memperoleh kompetensi berbahasa Arab tersebut baik pada maharah istima’,kalam,kitabah,dan qira’ah sangat ditentukan oleh strategi yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.Strategi memiliki peranan yang penting setiap hal,termasuk dalam pembelajaran Bahasa Arab .Apalagi Bahasa Arab ini belum mempunyai lingkungan bahasa (bi’ah lughawiyyah) yang memadahi.Oleh karena itu,pembelajaran Bahasa Arab yang saat ini dapat meningkatkan kualitas para santri dalam memahami dan menggunakan Bahasa Arab,baik sebagai alat komunikasi,ilmiah,dan agama.
Untuk memulai memberikan perhatian pada pendekatan pembelajaran itu adalah dengan berusaha menjelaskan istilah-istilah yang seringkali berkembang karena kemiripan dan dekatnya hubungan diantara masing-masing istilah seperti pendekatan,metode dan teknik pembelajaran. Untuk menjelaskan pengertian ketiga istilah tersebut maka disini diberikan gambaran umum sebelum dijelaskan secara rinci definisi satu persatu. Pendekatan merupakan bingkai umum bagi teknik dan teknik merupakan bentuk pelaksanaan metode. Atau dengan perkataan lain,bahwa teknik adalah pelaksanaan metode yang dipraktikkan bersam-sama dengan pendekatan.
Sedangkan metode secara umum adalah segala hal yang termuat dalam setiap proses pengajaran,baik itu pengajaran matematika,kesenian,olahraga,ilmu alam dan lain sebagainya. Semua proses pengajaran yang baik maupun yang jelek pasti memuat berbagai usaha,memuat berbagai aturan serta didalamnya terdapat saran dan gaya penyajian. Tidak mungkin sebuah proses pengajaran tanpa adanya usaha untuk menyampaikan sesuatu kepada pembelajaran.